Thu. Jul 25th, 2024
pgn saka

PGN Saka sebagai perusahaan yang bergerak dibidang pengelohan sumber daya alam khususnya minyak dan gas bumi memiliki peran untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Tidak sekedar mengoptimalkan hasil eksplorasi melainkan juga memiliki dampak untuk keberlangsungan kehidupan disekitarnya.

PGN Saka merupakan bagian dari Pertamina yang memiliki fokus eksplorasi baik di wilayah Indonesia maupun di Texas, Amerika Serikat. Sebagai sebuah indurstri PGN Saka memiliki peran untuk keberlangsungan baik lingkungan ataupun makhluk hidup disekitarnya. Apalagi ketika naikkan emisi dan menyebabkan efek rumah kaca dan perubahan iklim yang drastis. Maka, secara otomatis PGN Saka mengambil langkah-langkah untuk mengurangi bahkan mencegah pemanasan global, Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan PGN Saka antara lain:

  1. Menggunakan bahan dan teknologi yang efisien serta ramah lingkungan. Efisiensi dalam proses akan berpengaruh pada output yang dihasilkan. Jika proses eksplorasi dapat diminimalkan emisinya maka secara otomatis akan memiliki dampak untuk kedepannya.
  2. Melakukan penghijauan diarea sekitar perusahaan
  3. Melakukan kerjasama dengan semua pihak untuk mensukseskan program emission reduction management
  4. Melaksanakan program-program dan kebijakan uuntuk mengurangi emisi
  5. Turut aktif untuk mensukseskan SDGs ( Sustainable Development Goals) melalui program pengurangan pencemaran udara

Selain itu juga PGN Saka melakukan konservasi mangrove di wilayah Banyuurip, Gresik Jawa Timur sebagai tempat tinggal aneka flora dan fauna. Konservasi di Banyuurip menjadi habitat untuk aneka burung, aneka jenis mangrove dan hewan mamalia serta melata lainnya. Dan tidak hanya itu saja, bahkan kawasan ini sekarang tumbuh menjadi ekowisata dan lahan edukasi serta penelitian. Bahkan dengan hadirnya ekowisata memberikan dampak ekonomi berupa penghasilan tambahan untuk masyarakat sekitar.

Konservasi ini tidak sekedar mengurangi emisi, melainkan juga sebagai tempat habitat dan tentunya menghasilkan O2 yang berlimpah untuk lingkungan sekitar. Program PGN Saka untuk mengurangi emisi karbon sudah dimulai sejak 2022 dan akan terus dilakukan sampai 2030.

Perubahan iklim yang terjadi tidak hanya menjadi tanggung jawab perseorangan, melainkan juga menjadi amanah bagi setiap lapisan masyarakat. Menjadikan bumi lebih layak untuk ditinggali adalah sebuah pilihan. Dan PGN Saka memilih jalan itu untuk menjalankan program emission reduction management.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *