Thu. Jul 25th, 2024
ukm website

Muncul di halaman 1 Google memang menjadi idaman semua pengusaha. Tapi, apakah UKM juga memiliki pemikiran yang sama atau masih fokus pada offline dan pameran ? Nah, artikel kali ini akan mengupas kenapa ukm harus mulai muncul di halaman 1 google?

Muncul di Halaman 1 Google artinya bisnis kita mudah ditemukan. Ketika orang mencari lalu mengetikkan sesuatu di Google maka muncul nama website kita di halaman 1. Nah, pertanyaannya apakah UKM perlu membuat website? Apa manfaatnya ? Lalu bagaimana caranya muncul di halaman 1 Google? Namun, sebelum membuat website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh UKM, antara lain:

  1. Tujuan: UKM harus mempertimbangkan tujuan dari pembuatan website mereka. Apakah website tersebut dibuat untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan branding online, atau memberikan informasi tentang produk dan layanan?
  2. Target pasar: UKM juga harus mempertimbangkan siapa target pasar mereka dan bagaimana cara menarik perhatian mereka melalui website.
  3. Desain: Desain website harus menarik dan sesuai dengan merek dan citra bisnis UKM. Desain website yang baik dapat membantu meningkatkan kredibilitas bisnis dan memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan.
  4. Isi konten: Konten website harus informatif, menarik, dan sesuai dengan target pasar UKM. Konten yang baik dapat membantu meningkatkan visibilitas online dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  5. SEO: Website harus dioptimalkan untuk mesin pencari agar mudah ditemukan oleh pelanggan potensial. SEO yang baik dapat membantu meningkatkan visibilitas online dan mengarahkan trafik ke website.

Dalam membuat website, UKM dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional atau membangun website sendiri dengan bantuan platform website builder yang mudah digunakan. Terlepas dari cara pembuatannya, penting bagi UKM untuk memastikan bahwa website mereka memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Membuat website

Ada beberapa alasan mengapa UKM (Usaha Kecil dan Menengah) harus mempertimbangkan untuk membuat website, antara lain:

  1. Meningkatkan branding secara online: Dengan adanya website, UKM dapat meningkatkan branding. Pelanggan potensial dapat menemukan informasi tentang produk dan layanan UKM kapan saja dan di mana saja dengan mudah melalui pencarian online.
  2. Meningkatkan kredibilitas: Website yang profesional dapat membantu meningkatkan kredibilitas bisnis dan membangun kepercayaan pelanggan. Website yang baik dapat menunjukkan bahwa UKM serius dalam bisnis dan memberikan pengalaman yang lebih profesional bagi pelanggan.
  3. Meningkatkan pengalaman pelanggan: Website dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Pelanggan dapat menemukan informasi tentang produk dan layanan dengan mudah, membuat pembelian online, dan memberikan umpan balik dan ulasan tentang produk dan layanan.
  4. Menjangkau pasar yang lebih luas: Dengan adanya website, UKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas daripada yang mungkin dapat dijangkau melalui toko fisik atau media sosial.
  5. Menghemat biaya pemasaran: Website dapat menjadi alat pemasaran yang efektif dan hemat biaya bagi UKM. UKM dapat menggunakan website mereka untuk memasarkan produk dan layanan mereka, mengiklankan promosi, dan membangun hubungan dengan pelanggan.
  6. Meningkatkan efisiensi bisnis: Website dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis UKM. Dengan adanya website, UKM dapat menjual produk dan layanan secara online, memproses pembayaran, dan mengelola inventaris dan pengiriman dengan lebih efisien.

strategi membuat webiste

Dalam era digital saat ini, website dapat menjadi aset yang berharga bagi UKM.  Oleh karena itu, UKM sebaiknya mempertimbangkan untuk membuat website sebagai salah satu bagian dari strategi bisnis mereka. Selanjutnya adalah kenapa harus muncul di halaman 1 Google ? Apa manfaatnya?

  1. Meningkatkan branding online: Ketika bisnis muncul di halaman 1 Google, hal itu akan meningkatkan branding bisnis tersebut. Dengan banyaknya orang yang mencari informasi di Google, muncul di halaman 1 dapat membantu bisnis untuk ditemukan oleh calon pelanggan.
  2. Meningkatkan kepercayaan pelanggan: Muncul di halaman 1 Google dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis. Hal itu karena orang cenderung mempercayai hasil pencarian di halaman 1 Google sebagai informasi yang terpercaya dan relevan.
  3. Meningkatkan traffic ke website: Ketika bisnis muncul di halaman 1 Google, maka kemungkinan besar akan meningkatkan jumlah pengunjung ke website bisnis tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan kesadaran merek.
  4. Meningkatkan persaingan: Muncul di halaman 1 Google dapat membantu bisnis untuk mengalahkan pesaing mereka di pasar online. Dengan muncul di halaman 1 Google, bisnis dapat menarik pelanggan dari pesaing mereka yang muncul di halaman belakang Google.
  5. Hemat biaya: Muncul di halaman 1 Google dapat membantu bisnis menghemat biaya iklan dan pemasaran online. Dibandingkan dengan iklan online, SEO (Search Engine Optimization) adalah metode yang lebih hemat biaya untuk meningkatkan visibilitas online bisnis.

Namun, muncul di halaman 1 Google bukanlah hal yang mudah. Bisnis harus memastikan bahwa situs web mereka dioptimalkan dengan baik untuk mesin pencari dan memiliki konten yang relevan dan informatif. Hal ini membutuhkan upaya dan waktu yang cukup untuk dicapai. Namun, dengan upaya yang tepat dan strategi SEO yang baik, bisnis dapat meningkatkan kemungkinan untuk muncul di halaman 1 Google dan mengoptimalkan potensi bisnis online mereka.

Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website, jasa penulis artikel, jasa admin website dan optimasi halaman 1 Google dapat langsung konsultasi dengan tim LavareDesign di WA 08383.7060.702.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *