Wisata Sambil Belajar Di Museum-Museum Kota Cirebon

pusaka keraton kanoman

Wisata cirebon –  Museum, mungkin biasanya identik dengan tempat berlibur untuk anak sekolah. Namun jangan salah, museum juga bisa jadi pilihan berlibur bagi anda yang ingin melepas penat namun juga menambah wawasan. Bukan hanya untuk anak kecil atau unutk anak sekolah, bahkan banyak turis yang jauh-jauh datang, hanya untuk mengunjungi museum-museum bersejarah di dunia.

Di Indonesia pun jumlah museum yang ada bisa di bilang banyak dan sangat mengesankan dari sisi sejarah serta peninggalannya. Banyak kota di Indonesia yang mempunyai beragam museum yang bisa di kunjungi untuk sekedar berwisata ataupun juga untuk menambah kota wawasan kita. Salah satu kota yang bisa jadi reomendasi untuk berkunjung ke museum di Indonesia adalah Kota Cirebon.

Di Kota Cirebon adalah beberapa pilihan destinasi wisata sambil belajar sejarah yang sangat menarik untuk di kunjungi, yaitu:

1.Museum Pusaka Keraton Kasepuhan
Di museum ini di pajang banyak pusaka yang berasal dari peninggalan sejak zaman Padjajaran akhir, Sunan Gunung /jati, Panembahan (panca sunan), sampai dengan era kesultanan mulai dari Sultan Sepuh I hingga Sultan Sepuh XIV. Jika berkunjung ke museum ini, maka kita bukan hanya di kenalkan dengan sejarah Kota Cirebon tapi peninggalan bangsa cina, portugis, belanda, jepang, dan banyak sejarah dari berbagai wilayah nusantara.

kereta singa barong

kereta singa barong

2.Museum Kereta Singa Barong
Museum ini berada di komplek keraton kesepuhan. Seperti namanya, di dalam museum ini ada kereta antik di ujung ruangan museum ini. Pada kereta singa barong ad abentuk belalai gajah yang mengartikan persahabatan antara kesultanan Cirebon dengan India, Ada juga kepala naga yang melambangkan persahabatan kesultanan Cirebon dengan Tiongkok, ada pula sayap dan berbadan buroq yang mengartikan persahabatan dengan Mesir.
Bukan hanya ada ukiran kereta, di museum ini juga terdapat lukisan Prabu Siliwangi, koleksi keris kuno, dan banyak koleksi pusaka lainnya. Anda bisa mengunjungi museum ini di Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon.

3. Museum Pusaka keraton Kanoman
Museum ini mengalami beberapa kali proses renovasi, namun akhirnya di lakukan renovasi besar-besaran atas perintah Sultan kanoman ke-9 yang di lakukan pada tahun 1997. Museum ini menyimpan benda-benda pusaka peninggalan keraton kanoman, yang datang ke museum museum ini pun berasal dari berbagai macam kalangan, bahkan turis dari mancanegra pun turut mengunjungi museum pusaka keraton kanoman ini. Banyaknya benda pusaka yang di pamerkan seperti gamelan, ukiran dinding, tombak, sampai dengan kereta kencana.

Ada pula kereta kencana yang bernama Kereta Paksi Naga Liman yang di buat dengan teknologi yang sangat maju di zamannya. Hal ini terlihat dari sayap pada kereta kencana tersebut yang dapat bergerak ketika kereta di jalankan. Adanya teknologi seperti ini di maksudkan agar menjadi pendingin saat sultan menaiki kereta kencana.

Itulah beberapa museum yang bisa kita jadikan tempat berwisata sekaligus belajar di Kota Cirebon, anda bisa mengunjunginya bersama keluarga atau teman-teman. Dengan begini liburan anda bukan hanya untuk melepas penat namun juga untuk lebih banyak tahu tentang sejarah di Indonesia, khusunya di Kota Cirebon.

jasa rental mobil

sewa mobil di cirebon

Transportasi yang di ssarankan agar anda dan keluarga bisa nyaman dan tenang selama megunjungi wisata museum di Kota Cirebon adalah menyewa mobil. Kenapa? Karena dengan menyewa mobil anda tidak perlu repot lagi untuk mencari angkutan umum hingga sampai ke wilayah museum-museum di Cirebon. Anda bisa menyewa mobil di www.sewamobilcirebon.co.id dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang menyenangkan yang akan membuat liburan anda semakin berkesan.

www.sewamobilcirebon.co.id pilihan yang tepat bagi anda yang ingin menikmati liburan anda di Kota Cirebon dengan leluasa.

 

foto indonesiakaya

(Visited 42 times, 1 visits today)