Tips Sukses Work Life Balance Selama WFH

sehat selama wfh

Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah kini banyak diterapkan di berbagai perusahaan atau institusi di Indonesia. Kadang kala, bekerja dari rumah memunculkan tantangan-tantangan baru, terutama dalam keseimbangan kehidupan kerja atau work life balance. Ini terjadi karena waktu selama bekerja menjadi fleksibel, sehingga tidak ada waktu teratur untuk makan dan istirahat.

 

Selain itu juga, beberapa dari kamu juga pasti mengalami kesulitan dalam menjaga fokus di tengah-tengah pekerjaan. Hal itu dikarenakan banyaknya distraksi dari kehidupan personal.Seberapa penting sih work life balance itu? Perlu kamu ketahui bahwa work life balance bisa mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan loh! Orang dengan work life balance yang buruk lebih rentan stres dan akhirnya justru menjadi gak produktif [1].

 

Untuk itu simak 5 tips ampuh untuk menjaga work life balance selama WFH:

 

● Memilih ruangan khusus untuk bekerja
Banyak dari kalian pasti memilih kamar tidur atau ruang santai untuk bekerja di rumah. Mulai sekarang hindari bekerja di tempat tersebut karena kalau kamu menggabungkan tempat kerja dan tempat bersantai justru akan membuatmu sulit untuk berhenti bekerja. Cobalah untuk memilih ruang kerja yang jauh dari kamar tidur atau ruang santai yang secara otomatis kamu juga memisahkan kehidupan bekerja dan personal [1].

 

● Buatlah suasana seperti kamu bekerja di kantor
Ketika sedang WFH cobalah untuk bekerja seperti kamu kerja di kantor. Dimulai dengan bangun pagi lalu mandi dan sarapan sebelum bekerja atau kamu bisa juga berpakaian rapi layaknya ke kantor. Mulailah bekerja di jam kerja yang sama seperti jam kantor. Dengan cara ini pastinya kamu akan lebih efektif dan produktif sama seperti saat kamu bekerja di kantor [1].

 

● Membuat jadwal
Kamu bisa membuat to-do-list di buku catatan atau notes di gadget kamu. Hal ini bertujuan agar kamu bisa fokus dalam pekerjaan dan mencegah kamu melakukan hal lain di luar rencana pekerjaan tersebut [1]. Kamu juga bisa memasang alarm atau reminder pada gadget kamu untuk membuat batasan jam kerja dan istirahat.

 

● Berani berkata tidak!
Pastinya kamu pernah menemukan situasi dimana teman kerja kamu meminta untuk mengurus sedikit pekerjaan di luar jam kerja. Kamu sebaiknya mulai belajar untuk berani berkata tidak dan menunda pekerjaan tersebut hingga jam kerja berikutnya. Jelaskan secara sopan kenapa kamu menunda pekerjaan tersebut. Selain bisa mengganggu work life balance, kamu juga mungkin gak bisa fokus mengerjakan pekerjaan tersebut di luar jam kerja [1].

 

● Cari hobi baru
Selama WFH kamu pasti menjadi bingung dengan kegiatan apa yang akan dilakukan jika tidak bekerja. Pemikiran tersebutlah yang membuat kamu jadi ingin bekerja terus-menerus sampai lupa waktu.

 

Jika kamu bingung, mungkin, ini saat yang tepat untuk mencari hobi baru dengan mencoba hal-hal baru di rumah. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan meski hanya di dalam rumah, mulai dari merajut, memasak, menggambar, hingga bermain game [2].
Setelah kamu mencoba tips diatas jangan lupa juga diimbangi dengan menjalani pola hidup sehat. Seperti mengatur pola makan, istirahat yang cukup dan berolahraga. Karena, tubuh yang sehat dan bugar akan membantu kamu dalam menjalankan tips-tips di atas.

 

Jangan lupa untuk melengkapi pola hidup sehat kamu dengan rajin minum air mineral. Hal itu akan membuat proses pencernaan lebih baik, tubuh yang lebih segar dan mood yang lebih baik. Pilihlah VIT sebagai air minum sehat sehari-hari kamu, karena VIT selama lebih dari 30 tahun telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat, untuk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan [3].
VIT! Teman beraktivitas selama WFH!

 

Source:
1. https://www.idntimes.com/life/career/rivandi-pranandita-putra/tips-menjaga-work-life-balance-saat-bekerja-dari-rumah-c1c2/2
2. https://glints.com/id/lowongan/menjaga-work-life-balance-saat-wfh/#.YLeQY6gzbIU
3. https://www.minumvit.co.id/aboutus/

(Visited 6 times, 1 visits today)