Sun. Jan 29th, 2023
retak pada plafon

Pernahkan Anda mendapati keretakan pada plafon, terutama sebelum memakai Shunda Plafon Bogor? Meski sekarang sudah memakai plafon yang lebih bagus, ada baiknya Anda mengantisipasi risiko serupa dengan penanganan yang tepat. Berikut ini sejumlah penyebab retaknya plafon sesuai jenis atau bentuknya:

1. Retakan lurus
Keretakan yang bentuknya lurus umumnya mengikuti sepanjang sambungan antarpapan. Anda sebenarnya tak perlu mencemaskan keretakan tersebut, sebab bisa ditangani dengan plester yang sesuai. Faktor penyebabnya pun sebagian besar terletak pada kesalahan pemasangan plafon.

2. Retakan seperti garis rambut
Pada jenis keretakan ini, Anda akan mendapati celah kecil dan tipis. Pemicu umumnya adalah adanya lumpur plester atau drywall pada plafon akibat perubahan cuaca ekstrem. Dalam hal ini, Anda dapat mengatasinya dengan memberikan lapisan cat baru atau mengontrol suhu dalam ruangan.

retak pada plafon

3. Retakan dengan perubahan warna
Ada sejumlah faktor yang menyebabkan keretakan pada plafon dengan perubahan warna. Antara lain kebocoran pada bagian atap, plafon lapuk, sambungan kendor akibat lembap, dan jamur. Untuk itu, Anda perlu mengetahui dulu pemicu pastinya sebelum mengganti dengan Shunda Plafon Bogor.

4. Retakan seperti jaring laba-laba
Seperti namanya, retakan yang menyerupai jaring laba-laba umumnya mempunyai berpola dan mempunyai celah bercabang. Anda tak perlu cemas kalau retakannya kecil. Namun kalau membesar, maka Anda harus segera mengecek fondasi rumah karena bisa saja terjadi pengendapan tak merata.

5. Retakan menjalar ke dinding
Jenis keretakan ini biasanya disebabkan pengangkatan rangka akibat angin ekstrem maupun fluktuasi cuaca tak menentu lainnya. Dalam kasus ini, Anda sebaiknya meminta bantuan profesional untuk memperbaikinya.

6. Retakan besar disertai melorotnya plafon
Apabila plafon melengkung sampai melorot hingga dipenuhi retakan besar di bagian tengah, berarti ada kerusakan struktural parah yang terjadi. Seperti poin sebelumnya masalah ini membutuhkan ahli untuk memberikan solusi yang sesuai.

Menilai dari daftar di atas, Anda sebaiknya tak lagi menyepelekan retakan walau sudah memakai Shunda Plafon Bogor demi menjaga kenyamanan di dalam rumah.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *