Payment Gateway Recomended Untuk Pengusaha

payment gateway

Menjadi pengusaha memang rasanya nano-nano. Apalagi sejak kita melewati masa pandemi hampir 2 tahun. Dan menjadi pengusaha yang Go Online sudah keharusan. Semua bisa dionlinekan meski ada beberapa proses perlu banyak pembelajaran dan pembenahan. Salah satunya adalah dari segi pembayaran transaksi konsumen market online kita.

Ketika kita setting untuk Go Online maka banyak hal yang harus dibenahi. Mulai dari tim marketing, SDM baru yang harus direkrut, stock produk, riset pasar online dan termasuk pembenahan dari segi finance alias keuangan. Belum lagi pembenahan dari semua lini diperusahaan.

Nah, untuk mempermudah Anda untuk go online maka Anda dapat mengikuti tips berikut untuk mulai membangun bisnis Anda diranah online, berikut detailnya.

  1. Menyiapkan website atau toko online yang mudah digunakan baik bagi perusahaan maupun calon konsumen. Semakin mudah dan nyaman digunakan maka akan semakin menarik pelanggan
  2. Selalu update stock produk baik warna, jumlah dan harga. Anda memerlukan satu admin khusus untuk memantau stok produk baik online maupun offline
  3. Memerlukan sistem pembayaran yang otomatis dan menyediakan berbagai channel pembayaran baik berupa transfer bank, dompet digital, kartu kredit ataupun melalui minimarket.
  4. Siapkan SDM seperti web developer, digital marketing, admin marketplace, admin sosial media. Anda dapat menghire secara periodik atau mempercayakan kebutuhan Anda via pihak ke 2 atau agency digital marketing.
  5. Join komunitas yang memiliki fokus ke dunia online karena dari komunitas tersebut Anda akan memiliki banyak masukan dan feedback yang sangat bermanfaat.
  6. Cek kompetitor atau usaha sejenis dengan Anda. Anda dapat menggunakan Google, sosial media seperti facebook, instagram, twitter, tiktok untuk mengetahui kompetitor bisnis Anda. Anda dapat mengamati bagaimana caranya mereka melakukan promosi, upload produk, banyaknya produk yang terjual, tingkat komplain melalui saluran digital. Semakin Anda mendapatkan gambaran dengan jelas maka akan semakin mudah untuk memasuki dunia online.
  7. Buatlah langkah secara step by step secara jelas ketika akan masuk kedunia online baik dari segi budgeting, deadline waktu dll. Semakin jelas dan clear Anda mempersiapkannnya maka akan semakin mudah. Termasuk untuk memilih lembaga pembayaran atau payment gateway yang akan membantu transaksi Anda via website atau platform bisnis Anda.

Nah, kalau kita ngomongin payment gateway Indonesia sepertinya ada salah satu provider yang recomended yaitu Midtrans. Mau tahu detail tentang Midtrans, berikut adalah kelebihannya

  1. Menerima banyak jenis pembayaran seperti bank transfer, kartu kredit (Visa, mastercard, JCB dan Amex), dompet digital (Gopay, QRIS, Shopeepay), ATM/Bank transfer (BCA, BNI, BRIVA, Mandiri, Permata Bank, ATM Bersama, ALTO, Prima), minimarket (Alfamart, Indomart, Dan Dan, Alfamidi), direct debit (BCA Klikpay, OCTOclicks, BRIMO, Danamon, UOB), cicilan tanpa kartu kredit (akulaku, kredivo)
  2. Dapat beroperasi selama 24 jam baik online maupun offline
  3. Dapat mengirim dana kemana saja
  4. Mudah biayanya untuk per transaksi
  5. Mudah proses penggunaannya termasuk untuk Anda yang pemula di dunia online
  6. Aman karena sudah memiliki izin dari Bank Indonesia
  7. Sudah terdaftar di Kominfo sebagai penyelenggara sistem elektronik
  8. Sudah memiliki ISO 27001 (ISO / IEC 27001 adalah sebuah informasi standar keamanan)
  9. Transaksi terlindungi
  10. Memiliki tim CS 24 jam yang bisa membantu kebutuhan Anda
  11. Menjadi bagian dari goto financial

Selain kelebihan diatas, Midtrans juga sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan nasional seperti: Tokopedia, Gojek, Sophie, Tanihub, Kitabisa, Informa dll. Jika kita melihat perusahaan-perusahaan yang menggunakan layanan ini artinya mereka sudah percaya bahwa layanan ini membantu dan tentunya aman.

Selalu lakukan evaluasi ketika Anda mulai menggunakan saluran digital untuk memasarkan produk/bisnis Anda. Dan yang pastinya harus tetap on budget dan diperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi.

Nah, semakin yakin kan untuk memilih mitra layanan pembayaran yang sudah recomended. Yes, ini adalah saatnya Anda untuk Go Online bersama Midtrans.

(Visited 1 times, 1 visits today)