Manfaat Push UP Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat push up

Kesibukan karena bekerja atau kegiatan lainnya di setiap harinya, terkadang membuat kita tidak sempat untuk berolahraga. Mungkin kita menyadari bahwa olahraga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran kita. Untuk sekedar bersepeda keliling lingkungan rumah atau ke gym, biasa dianggap memakan waktu dan juga menghabiskan uang. Maka dari itu banyak sekali alternatif untuk olahraga murah, namun sangat efektif. Salah satunya adalah PUSH UP. Melakukan Push up kita tidak perlu memerlukan ruangan yang luas, tanpa mengeluarkan biaya, tapi menghasilkan hasil yang cukup efektif. Walau push up dianggap sebagai olahraga sederhana, ada banyak variasinya yang bisa kita coba, berikut ini.

 

● Push up standar. Ini adalah push up yang sering kita lihat di gym atau televisi. Kedua tangan kita menyentuh lantai, sejajar dengan bahu. Kemudian, tubuh bergerak ke atas dan bawah pun dilakukan.
● Push up lebar. Berbeda dengan push up standar, push up lebar ini mengharuskan kedua tangan kita tidak sejajar dengan bahu, alias lebih lebar.
● Push up sempit. Push up ini mengharuskan kedua tangan kita untuk berada di bawah tulang dada, dengan ibu jari dan telunjuk saling menyentuh.
● Forward push up. Tangan kita terpisah selebar bahu tapi peletakan tangannya sekitar 20 centimeter di depan bahu.
● Backward push up. Variasi ini sama seperti forward push up, namun peletakan tangannya sekitar 20 sentimeter di belakang bahu. (1)
Selain itu push up juga memiliki beberapa manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh kita, berikut beberapa manfaatnya:

1. Menjaga kesehatan otot dan tulang
Menjaga kesehatan otot dan tulang penting dilakukan sejak masa pubertas, karena setelah masa ini setiap tahunnya kita akan kehilangan setidaknya 3 hingga 5 persen kekuatan otot dan tulang. Oleh karena itu kita perlu melakukan olahraga yang melatih kekuatan, seperti push-up yang fokus pada otot dan tulang di daerah dada dan lengan.

 

2. Mencegah dan mengatasi sarcopenia
Sarcopenia adalah kondisi di mana massa otot mengalami penurunan dikarenakan adanya penuaan pada otot. Salah satu penyebab terjadinya sarcopenia adalah kurangnya aktivitas. Olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan, seperti push-up, dapat memicu pembentukan massa otot. (2)

 

pilih air mineral

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Manfaat push up ternyata bisa meningkatkan kesehatan jantung. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun, peneliti menemukan, pria yang bisa melakukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut, terhindar dari penyakit jantung sebanyak 96% dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa push up, sebanyak 10 kali. Para pria yang ada dalam studi ini kebanyakan berusia di bawah 40 tahun, dan memiliki berat badan berlebihan, namun tidak sampai obesitas. Sekitar 1.562 pria yang berada di dalam studi ini merupakan anggota pemadam kebakaran. Studi ini juga membuktikan, pembentukan serta penguatan otot mampu menyehatkan jantung. Jika kita tidak bisa melakukan push up sebanyak 40 kali, jangan khawatir. Para peneliti dalam studi itu saja menegaskan, jika sudah bisa melakukan push up 11 kali, artinya kita sudah menurunkan risiko penyakit jantung sampai 64%. Walau studi ini fokus pada push up, jangan membatasi diri kita untuk melakukan olahraga lain yang dapat dilakukan di rumah, seperti sit up. Pasalnya, dengan berolahraga, walau sebentar, kita akan merasakan segudang manfaat.

 

4. Meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan manusia
Manfaat push up selanjutnya adalah meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan. Ketika kita menua, produksi hormon pertumbuhan manusia semakin menurun. Padahal, hormon ini berfungsi untuk mendukung kesehatan tubuh serta perbaikan sel. Selain itu, hormon pertumbuhan manusia juga dipercaya memiliki peran penting dalam pembesaran otot. Kalau tidak ada hormon ini, kita akan kesulitan meningkatkan massa otot.

 

5. Memperbanyak testosteron dalam tubuh
Memperbanyak testosteron di dalam tubuh adalah manfaat push up yang tentunya menggiurkan, bukan? Testosteron sangat dibutuhkan untuk meningkatkan performa fisik, massa otot, produksi hormon lainnya, pertumbuhan rambut, hingga dorongan seks. Push up tersebut, diyakini bisa meningkatkan jumlah produksi testosteron dalam tubuh. (3)

 

6. Mencegah cedera punggung dan bahu
Push up dapat mencegah cedera pada bagian punggung dan bahu. Punggung adalah bagian penting dari tubuh untuk mendukung semua gerakan, sedangkan bahu bertanggung jawab dalam menjaga tulang lengan. Melakukan push up secara rutin dapat membantu memperkuat bagian tubuh tersebut. (4)

 

DIatas ada beberapa manfaat melakukan push up bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan berat badan ideal, adalah dengan melakukan push-up secara teratur. Buang jauh-jauh rasa malas dan beragam alasan, mulailah berpikir tentang seluruh manfaat push-up yang bisa kita dapatkan. Tapi perlu diingat bahwa mendapatkan tubuh yang sehat, harus dibarengi dengan asupan makanan yang bergizi dan sehat, serta harus meminum air mineral. Mengapa air mineral? Mengonsumsi air mineral yang berasal dari daerah pegunungan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, yaitu:

 

● Meningkatkan kesehatan tulang dan otot
Jika kita bukan penggemar susu, mengonsumsi air mineral mungkin akan menjadi cara lain untuk kita bisa mendapatkan kalsium. Pasalnya menurut penelitian kalsium yang terkandung di dalam air mineral sama baiknya dengan kalsium pada susu.

● Membantu menurunkan tekanan darah
Pada pasien hipertensi mengkonsumsi air mineral diduga dapat membantu menurunkan tekanan darah, karena kandungan kalsium dan magnesium di dalam air mineral yang tinggi.

● Menjaga kesehatan jantung
Kandungan magnesium yang ada dalam air mineral diketahui memiliki peranan penting dalam mengendalikan kerja otot jantung dan irama jantung.

● Membantu mengatasi sembelit
Manfaat ini akan kita dapatkan karena magnesium yang terkandung dalam air mineral dapat menarik air ke dalam rongga usus, sehingga membuat tinja lebih
lunak.

● Mencegah anemia
Adanya kandungan zat besi pada air mineral akan mencegah kita terkena anemia. Untuk sangat direkomendasikan rutin mengkonsumsi air mineral.

 

Dengan kata lain, air mineral menjadi penunjang kita untuk hidup sehat dan bugar. Dan salah satu produsen air mineral terbaik dan terpercaya akan kualitasnya adalah AQUA. AQUA yang melakukan sekitar 400 cek kualitas untuk memastikan mutu air tetap baik. AQUA juga melakukan tiga perlindungan; melindungi ekosistem di sekitar sumber air, melindungi kealamian mineral di kandungan air, serta melindungi proses pengemasan. Berkat semua langkah tersebut, air mineral menjadi air minum berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas yang mempunyai peranan penting dalam mendukung kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA. (5)

 

1. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/10/30/050500320/manfaat-push-up-jika-dilakukan-setiap-hari?page=all

2. https://www.alodokter.com/ini-dia-empat-manfaat-push-up

3. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-push-up-jika-dilakukan-setiap-hari

4.https://www.bola.com/ragam/read/4304541/7-manfaat-push-up-bagi-kesehatan-cegah-osteoporosis-dan-menjaga-jantung#:~:text=Manfaat%20Latihan%20Push%20Up%20bagi%20Kesehatan,-Ilustrasi%20nyeri%20punggung&text=Push%20up%20dapat%20mencegah%20cedera,membantu%20memperkuat%20bagian%20tubuh%20tersebut.
5. https://www.sehataqua.co.id/manfaat-air-mineral-untuk-tubuh-kamu-harus-tahu/

(Visited 18 times, 1 visits today)