Dewi Coryati Politisi Perempuan Peduli Ekonomi Kreatif

program ekonomi kreatif

Inspirasi Tokoh – Hj. Dewi Coryati M.Simerupakan politisi senior perempuan yang saat ini menduduki kursi parlemen di DPR-RI dari Partai PAN. Dewi Coryati memulai karir politiknya dengan menjadi kader PAN pada tahun 2000. Perempuan yang dahulunya seorang dokter Hewan juga pernah menjadi Anggota Badan Pemberdayaan Perempuan DPP PAN 2000-2005. Sebelum menjadi anggota legislatif perempuan kelahiran Jakarta, 9 Agustus 1964 terlebih dahulu menjadi Tenaga Ahli Fraksi PAN di DPR pada tahun 2004-2006.

Perjalanan politik Dewi Coryati dimulai saat ia mencalonkan diri untuk pertama kali dalam pemilihan anggota legislatif pada tahun 2009. Pada saat itu Dewi mewakili Partai PAN di daerah pemilihan Bengkulu. Kali pertamanya menjadi calon anggota legislatif, Dewi terpilih dan berhak menduduk kursi DPR-RI komisi VIII yang mengurusi anggaran dan urusan rumah tangga.

 

Pada 2014 yang lalu nama Dewi Coryati melambung setelah ia dipercaya menjadi Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bapilu) Provinsi Jambi dan Bengkulu. Selain dipercaya menjadi Wakil ketua badan pemenangan, pada tahun 2014 Dewi Coryati juga mencalonkan dirinya sebagai calon anggota legislatif, dan ia terpilih kembali serta berhak menduduki di komisi IV yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan pangan. Perjalanan Dewi Coryati di komisi IV hanya berjalan dua tahun, ia dipindahkan ke komisi X yang membidangi olahraga, kebudayaan, pendidikan dan kepemudaan.

 

Dewi Coryati sangat aktif bersuara yang berkaitan dengan daerah pemilihannya di Bengkulu, salah satu contohnya Dewi menyoroti keakuratan data di KemenLHK terkait kerusakan emisi gas di Bengkulu dan meminta klarifikasi data kerusakan tersebut, serta menurut catatan Dewi satwa dan fauna yang hampir punah terdapat 69 spesies. Dewi meminta perhatian khusus kepada KemenLHK untuk memperkecil angka satwa dan fauna yang terdaftar hampir punah agar kekayaan satwa dan fauna kita tidak habis. Dewi Coryati juga berharap penanggulangan kebakaran hutan jauh lebih baik di bawah kepemimpinan Menteri Siti Nurbaya.

kegiatan konferensi ekonomi kreatif di Bengkulu

event WCCW di Bali

Dengan pengalaman yang begitu banyak, serta hasil pengabdian Dewi Coryati untuk daerah pemilihannya selama berada di DPR-RI, pada pemilihan calon anggota legislatif tahun 2019 Dewi Coryati mencalonkan diri kembali mewakili partai PAN dalam daerah pemilihan Bengkulu. Menurut Dewi Coryati “tidak penting saya mendapatkan nomor urut berapa, yang terpenting saya dapat terpilih kembali dan mengabdikan diri untuk negara dan khususnya untuk daerah pemilihan saya, yaitu daerah pemilihan Bengkulu”. Ujar Dewi Coryati di sela-sela acara BE-Kraf Goes To Kampus.

 

Ada hal yang lumayan menarik perhatian bahwa beliau aktif bersuara tentang ekonomi kreatif di Bengkulu. Sebuah harapan besar agar Bengkulu mempunyai Art Bengkulu seperti Art Bali yang baru akhir-akhir ini beliau kunjungi didalam rangkaian event WCCE (The World Conference on Creative Economy) di Nusa Dua Bali November tahun ini. Beliau merasa bahwa konsep Art Bali dapat diaplikasikan di Bengkulu karena Bengkulu sudah siap dari segi kekayaan budaya dan SDM nya. Kenapa ekonomi kreatif, karena sektor ini mampu menggerakkan perekonomian lainnya dengan cepat dan tepat. Akan banyak yang terlibat dan ini sangat cocok untuk angkatan muda Bengkulu yang tergolong millenial. Detail tentang ekonomi kreatif dapat dibaca di: Apa kata Dewi Coryati tentang ekonomi kreatif dapat klik disini.

(Visited 14 times, 1 visits today)