Cara mengenalkan sejarah uang pada anak #CintaRupiah

belajar rupiah

Cinta Rupiah – Menularkan rasa mencintai negara pada anak-anak adalah menjadi kewajiban bagi setiap diri kita. Tugas orang tua mengenalkan dan menumbuhkan rasa memiliki dan bangga akan mata uang rupiah tentu sudah menjadi kewajiban. Adalah tugas kita semua untuk membantu menjadikan lingkungan yang mudah dan menyenangkan untuk mencintai negara sendiri secara utuh. Banyak cara mengenalkan bagamana mencintai rupiah pada anak-anak. Salah satunya adalah dengan mengenalkan sejarah pada mereka.


Buat sebagian besar anak, sejarah itu memberi kesan membosankan, ga asyik. Karena yang tampak dipermukaan adalah sesuatu yang sudah terjadi di masa lalu dengan pengemasan yang kurang menarik mereka sekarang. Anak itu belajar menggunakan seluruh indera yang dimilikinya. Tak hanya dengan mendengar dan melihat, kebutuhan untuk menyentuh pun sangat dibutuhkan dalam mengenalkan sesuatu pada anak. Maka, mengenalkan uang dan sejarahnya pada anak, bisa melalui perjalanan mengunjungi museum uang atau museum bank. Banyak lokasi museumnya tersebar di beberapa kota besar, seperti di Jakarta, Purbalingga, Jogjakarta atau Purwokerto.

Karena kita berhadapan dengan anak-anak milenial yang sangat dekat dengan gadget dan cenderung mandiri, maka menawarkan sebuah pengalaman kerberangkatan mandiri ke lokasi museum, bisa menjadi pilihan. Minta mereka membuat rencana perjalanan yang berisi antara lain proses bagaimana perjalanan menuju ke lokasi museum, apa yang harus mereka siapkan. Mencari informasi di internet sebanyak-banyaknya bisa menjadi altenatif pilihan. Mengawali sebuah perkenalan dalam mencintai rupiah melalui sejarah peradaban dan perkembangan uang menjadi menarik. Karena dimulai dari sesuatu yang menantang. Yaitu dengan membuat manajemen perjalanan yang mereka atur sendiri dengan pengarahan dari kita tentu saja.

Rupiah, atau yang lebih mudah dikatakan sebagai uang ternyata memiliki sejarah panjang agar sampai ke tangan kita. Tak hanya membicarakan soal bagaimana proses menemukan tema dan gambar yang diinginkan yang akan dicetak pada setiap uang yang ada, sampai kepada proses pencetakannya. Namun sejarah akan menjadi melekat dan bernilai manakala kita mampu membungkusnya dengan cantik dan menarik demi mentransfer kepada generasi bangsa akan rasa bangga dan cinta pada rupiah.

 

foto aiim

(Visited 55 times, 1 visits today)