3 Jenis alat musik di uang rupiah yang orang jarang ketahui #CintaRupiah

alat musik sasando

Cinta Rupiah – Banyak dari masyarakat Indonesia yang masih sangat asing dengan beberapa jenis alat musik pada daerah-daerah tertentu. Ini bisa di sebabkan karena kurangnya kepekaan masyarakat Indonsesia dalam mencari informasi seputar seni budaya di negri ini. Padahal jika kita perhatikan, pada pecahan uang kertas rupiah terdapat beberapa alat musik daerah yang bisa kita kenal lebih dalam lagi. Apa saja alat musiknya?


1.Sasando
Sasando adalah alat music yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sama halnya dengan gitar, kecapi atau biola, sasando ini mempunyai senar dan tentu di mainkan dengan cara dipetik. Bagian utamanya berbentukk tabung yang panjang, biasnya terbuat dari bambu, lalu pada bagian tengah melingkar dari atas kebawh lalu ada ganjalan-ganjalan untuk merentangkan senar-senar pada tabung. Mungkin sekarang banyak yang tidak tahu tentang alat music ini, karena gambar alat musik sasando di gambarkan di pecahan uang Rp.5000,- ppada emisi tahun 1992. Walau begitu alat musik ini masih ada di daerahnya.

2.Angklung
Pada uang logam Rp. 1000,- yang beredar di tahun 2010, alat music ini di tampilkan. Angklung berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara di getarkan. Di zaman ini angklung sudah cukup terkenal bahkan peminatnya bukan hanya berasal dari Indonesia namun juga dari luar negeri. Karena di nilai unik dan menarik maka orang asing pun berbondong-bondong mempelajari cara memainkan alat music ini.

3.Tifa
Alat music yang berasal dari Papua dan Maluku ini di tampilkan pada pecahan uang kertas Rp.1000,- tahun 2016, tak hanya menampilkan alat music tifa,namun pecahan uang ini pun menampilkan tarian adat yang di mempunyai nama Tari Tifa. Alat music ini terbuat dari kulit binatang atau juga dari kayu yang dimainkan dengan cara di pukul seperti gendang.

Itulah 3 jenis alat musik di uang rupiah yang jarang orang ketahui, semoga kita bisa terus melestarikan budaya di Indonesia.

 

foto patainanews

(Visited 280 times, 1 visits today)